ArabicEnglishIndonesian

Ayubhar, Mahasiswa KPI UIN Raden Fatah ikuti Seleksi Pramuka Garuda

Palembang, KPIUINRF.– Ayubhar atau yang akrab dipanggil Ayub merupakan salah satu mahasiswa prodi KPI UIN Raden Fatah Palembang angkatan 2015 terpilih dari UIN Raden Fatah Palembang untuk mengikuti seleksi Pramuka Garuda di SDN 158 Kota Palembang.

Maya, Pembina Pramuka di UIN Raden Fatah Palembang, mengatakan bahwa Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega). Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

"Seorang peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda," jelasnya.

Lanjutnya, pramuka garuda ini adalah pramuka percontohan. "Menjadi contoh yang baik dalam gugusdepan, di rumah, di sekolah, di tempat kerja atau di dalam masyarakat, sesuai dengan isi Trisatya dan Dasadarma. Saya berharap anggota yang terpilih bisa menjadi contoh yang baik dalam gugus depan, di rumah, di sekolah, di tempat kerja atau di dalam masyarakat, sesuai dengan isi Trisatya dan Dasadarma. Semoga bisa membuat bangga keluarga khususnya orang tua, gugus depan dan bisa bersaing dikanca nasional ataupun internasional," tambah Maya.

Sementara Ayub, mengatakan bahwa ia merasa sangat senang dengan terpilihnya menjadi Pramuka Garuda. "Yang mana saya sadar bahwa semua ini tak lepas dari dukungan pembina, teman, dosen, maupun keluarga serta orang tua," ujarnya.

Ayub berharap, kedepannya ada banyak anggota yang bisa mengikuti jejak saya dan mengharumkan nama UIN Raden Fatah tercinta. "Terkhusus mahasiswa KPI, semoga bisa semakin aktif dengan berbagai kegiatan yang ada dikampus, apalagi di Pramuka, semuanya bisa kita dapat asal ada kemauan untuk belajar," ungkapnya.(mrh)