ArabicEnglishIndonesian

Komitmen Prodi KPI UIN Raden Fatah terhadap Peningkatan Mutu Prodi

Palembang, KPIUINRF.– Peningkatan Mutu Prodi adalah hal paling penting dalam kenaikan maupun mempertahankan akreditasi yang ada. Karena dengan adanya peningkatan mutu maka akan menjadi nilai plus tersendiri bagi prodi.

Dalam proses peningkatan mutu prodi, Audit Mutu Internal (AMI) merupakan langkah evaluasi bagi prodi sebelum menghadapi auditor eksternal, yang harus disiapkan semaksimal mungkin.

Dalam rangka mendukung keinginan Dekan agar Fakultas Dakwah dan Komunikasi semakin meroket. Prodi KPI menggelar kegiatan AMI di ruang Prodi KPI. Ada 3 auditor internal yang hadir untuk melakukan audit yaitu, Ali Imron, M.Ag., Dr.Hartatiana, M.Pd., dan Fitriah, M.Hum., dan didampingi auditi Neni Noviza, M.Pd., selaku Kaprodi KPI dan Randicha, M.Sos., selaku sekretaris prodi.

Pada kesempatan tersebut, Ali imron mengatakan bahwa kegiatan AMI merupakan kegiatan monitoring dan evaluasi sistem penjaminan mutu internal dan implementasinya. "Yangmana monitor dan evaluasinya terdiri dari audit, asesmen dan evaluasi. Dilakukan secara berkala untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan dengan perencanaan dan untuk mengetahui penyebab-penyebab ketidaksesuaian pelaksanaan dengan perencanaan," ujarnya.

Disamping itu, Hartatiana dan Fitriah selaku auditor melanjutkan sesi tanya jawab dengan Kaprodi dan Sekprodi, kemudian mengecek kesiapan data-data yang ada di prodi.

Dari hasil tanya jawab maupun pemeriksaan data yang ada, Kaprodi dan Sekprodi KPI berusaha kooperatif dalam membantu auditor untuk melakukan audit sehingga kegiatan audit mutu internal berjalan dengan lancar.

Ali imron melanjutkan, bahwa tidak ada ditemukan kesalahan yang fatal. "Karena memang prodi KPI ini baru hangat-hangatnya mendapat akreditasi “A” akhir tahun 2019 dan dokumen-dokumen yang ada masih sangat lengkap," ujarnya.

Senada Hartatiana dan Fitriah selaku auditor juga mengiyakan perkataan Imron. "Dengan berbekal pedoman yang ada maka kami berdua pun tidak menemukan hal-hal yang akan membuat prodi menjadi turun akreditasinya sehingga saya rasa cukup dipertahankan maupun ditingkatkan saja mutu kedepannya, ujar Hartatiana.

Kegiatan ini diakhiri dengan diberikannya petunjuk dari auditor dalam rangka persiapan menghadapi auditor eksternal kedepannya.(mrh)