ArabicEnglishIndonesian

Tutup akhir tahun 2020, Prodi KPI Laksanakan Seminar Proposal 77 mahasiswa dalam 1 bulan

Palembang, KPIUINRF – Seminar Proposal merupakan salah satu syarat kelulusan mahasiswa yang dilaksanakan untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam pemahaman akademik penulisan tugas akhir. Yang mana seminar proposal merupakan tahapan ujian gerbang pertama sebelum menuju ujian lainnya seperti ujian kompre maupun ujian munaqosah. Karena tanpa melalui tahapan kelulusan seminar proposal maka mahasiswa tidak bisa melanjutkan skripsinya.

Rabu, 30/12/2020), merupakan puncak pelaksanaan seminar proposal yang dilaksanakan oleh prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UIN Raden Fatah Palembang. Karena prodi kpi berhasil menuntaskan serta membawa 77 mahasiswanya di akhir tahun ini untuk melaksanakan seminar proposal dalam 1 bulan.

Ditemui ditempat, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr.Achmad Syarifuddin, MA mengatakan bahwa ini merupakan pencapaian yang fantastis, karena kita ketahui bahwa untuk melaksanakan seminar proposal bukanlah suatu hal yang sembarangan, apalagi sampai 77 mahasiswa diujikan dalam 1 bulan, ujarnya.

Lanjutnya, syarif mengatakan bahwa ini adalah sebuah prestasi yang sangat baik mengacu pada penyelesaian studi tepat waktu. lagi pula, Mahasiswa dipacu agar segera menyelesaikan tugas akhir nya adalah dengan ujian seminar proposal skripsi. selanjutnya, proses perbaikan-perbaikan dari penguji sempro dan pembimbing tugas akhir akan menambah kelayakan skripsi yang diselesaikan oleh mahasiswa. Keseriusan para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya akan menambah deretan percepatan/ketepatan dalam penyelesaian studi sehingga dalam waktu 8 semester mereka sdh selesai menjadi Sarjana. ini akan menambah poin akreditasi terutama dalam ketepatan penyelesaian studi di fakultas dakwah dan Komunikasi. Tentunya, penyelesaian studi tepat waktu bukan berarti asal selesai, namun melalui proses verifikasi, pembimbingan oleh Dosen dan checking plagiarism melalui program studi dapat memastikan bahwa penyelesaian studi tepat waktu tetap mengacu pada standar dan ketentuan yang ditetapkan, Tegasnya.

Terpisah, Neni Noviza, M.Pd selaku Kaprodi KPI dan Muhammad Randicha Hamandia, M.Sos selaku Sekprodi KPI mengatakan bahwa ini adalah cara kami agar mahasiswa bisa selesai tepat waktu, meskipun memang ada faktanya kami pun merasa kelelahan dalam melayani yang mau ujian seminar proposal ini. Tapi ini sudah menjadi tugas dan kewajiban kami agar anak didik kami bisa selesai tepat waktu, ujarnya.

Sambungnya, neni pun merasa bangga ketika bisa mendukung mahasiswa prodi kpi agar bisa selesai tepat waktu, mengingat prodi KPI yang akreditasinya sudah A, maka haruslah dijaga aspek-aspek penting yang ada didalam poin-poin akreditasi seperti kelulusan mahasiswa yang tepat waktu dan lain sebagainya, ungkapnya.

Lanjutnya, Randicha juga mengatakan bahwa kami tidak mau asal saja menerima mahasiswa yang mau sempro. Meskipun kami pun merasa senang ketika 77 mahasiswa kami bisa seminar proposal diakhir tahun 2020 ini, yang mana biasanya dalam 1 bulan kisaran 10-12 mahasiswa yang melaksanakan sempro tapi ini diluar ekspektasi saya dan ibu kaprodi. Maka dari itu kami pun melakukan tahapan-tahapan verifikasi sebelum dilaksanakan sempro dengan sangat serius, karena bila tidak maka ini sama saja akan mencelakakan kami juga khususnya prodi kpi, maka dari itu kami mencoba memotivasi mahasiswa prodi kpi agar mereka memiliki semangat juang dalam menyelesaikan studi. Karena motivasilah yang sangat dibutuhkan mereka diakhir studinya. Maka dari itu selain kami memotivasi, kamipun membimbing mereka dalam hal cek judul, cek isi proposal dan sebagainya sehingga sesuai pedoman akademik yang ada. Karena pedoman akademik menjadi suatu patokan yang sangat penting dalam membuat proposal maupun skripsi secara sempurna keseluruhan, tegasnya.

Randicha berharap bahwa di 2021 prodi KPI haruslah bisa lebih meroket lagi dalam hal pencapaian-pencapaian prestasi dan lain sebagainya sesuai slogan yang sering didengungkan di fakultas dakwah yakni “Dakwah Meroket”. Karena dengan semakin semangat untuk mencapai sesuatu hal yang lebih baik lagi untuk prodi maka ini akan menjadi nilai plus bagi kami semua terkhusus lembaga tercinta Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, Tutupnya.(mrh)